Mengidentifikasi Segmen Pasar Dalam Marketing

Mengidentifikasi Segmen Pasar Dalam Marketing

Kalian tahu ga sih apa yang dimaksud segmentasi pasar? Segmentasi pasar adalah kelompok-kelompok pembeli yang dibedakan menurut kebutuhan, karateristik, atau tingkah laku yang membutuhkan produk yang berbeda. Dan pada kesempatan ini saya sedikit menjelaskan tentang Segmentasi Pasar sebagai berikut.

Tujuan dan Strategi Segmentasi Pasar

Adalah untuk menghemat usaha-usaha pemasaran dengan menitik beratkan kepada pembeli yang berminat tinggi untuk membeli.

Strategi segmentasi pasar dapat dilakukan sebagai berikut.

·        Strategi Konsetrasi

Perusahaan mengarahkan upaya pemasarannya ke segmen pasar tunggal melalui suatu bauran pemasaran.

·        Strategi Multisegmen

Perusahaan mengarahkan upaya pemasarannya pada dua atau lebih segmen dengan menerapakan bauran pemasaran yang berbeda.

·        Strategi Gabungan

Perusahaan mengarahkan upaya pemasarannya pada dua atau lebih segmen dengan menerapakan bauran pemasaran yang sama.

Segmentasi Pasar yang Efektif

Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal, maka segmentasi pasar harus memenuhi syarat sebagai berikut.

    I.        Dapat Diukur (Measurable)

Daya beli setiap segmen tidak terlalu luas.

 II.        Dapat Dicapai (Accessible)

Seberapa jauh segmen dapat dijangkau dan dilayani dengan efektif.

III.        Dapat Bedakan (Differentiable)

Dapat dipisahkan kedalam segmen atau kelompok yang memiliki sifat yang berbeda.

IV.        Besarnya/Jumlahnya Haruslah Cukup Berarti (Substantial)

Segmentasi menjadi cukup luas sehingga penguasaan terhadapnya akan cukup menguntungkan.

 V.        Dapat Dilaksanakan/Harus Bersifat Operasional (Actionable)

Program-program yang efektif dapat disusun untuk dapat menarik suatu segmen pasar.



Segmentasi Pasar Dilihat Dari Segi Geografis, Demografis, Dan Psikografis.

Berdasarkan karakteristik konsumen,segmentasi pasar dibedakan ke dalam segi geografis, demografis, dan psikografis.

1.    Segmentasi Geografis

Dilakukan dengan cara mengelompokan konsumen yang tersebar di berbagai wilayah kedalam kelompok konsumen tertentu atas dasar unit geografis seperti provinsi, kabupaten, kecamatan, kota, arah mata angin, atau bahkan kawasan tertentu. Sebagai contoh, terbentuknya kawasan ‘Segi Tiga Emas’ di Jakarta sebagai pusat kegiatan membangun superblok seperti usaha perkantoran, apartemen, hotel, restaurant, dan fasilitas pendukung lainnya.

2.   Segmentasi Demografis

menurut kamus Besar Bahasa Indonesia merupakan ilmu tentang  susunan, jumlah, dan perkembangan pendudukan. Segmen ini dilakukan dengan cara mengelompokan konsumen atas dasar variabel demografis seperti umur, jenis kelamin, jumlah anggota, pendapatan, kedudukan, pendidikan, agama, ras, dan kebangsaan.

3.    Segementasi psikografis

segmen ini membedakan kelompok konsumen berdasarkan tingkat sosial, gaya hidup, atau ciri kepribadian yang masing masing dapat memliki kerangka psikografis.



Sekian sedikit informasi mengenai “Segmentasi Pasar Dalam Marketing”, dari saya Terima Kasih dan jangan lupa guys untuk comment dan share ya semoga bermanfaat😊

Sumber: Modul Melakukan Pemasaran Barang dan Jasa ,Penerbit ERLANGGA

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Apa aja yang harus kita pikirkan dalam membuat bisnis?

Sistem Informasi Dan Teknologi Penjualan Dalam Marketing