Mengidentifikasi Segmen Pasar Dalam Marketing
Mengidentifikasi Segmen Pasar Dalam Marketing
Kalian tahu ga sih apa yang dimaksud segmentasi pasar? Segmentasi pasar adalah kelompok-kelompok pembeli yang dibedakan menurut kebutuhan, karateristik, atau tingkah laku yang membutuhkan produk yang berbeda. Dan pada kesempatan ini saya sedikit menjelaskan tentang Segmentasi Pasar sebagai berikut.
Kalian tahu ga sih apa yang dimaksud segmentasi pasar? Segmentasi pasar adalah kelompok-kelompok pembeli yang dibedakan menurut kebutuhan, karateristik, atau tingkah laku yang membutuhkan produk yang berbeda. Dan pada kesempatan ini saya sedikit menjelaskan tentang Segmentasi Pasar sebagai berikut.
Tujuan
dan Strategi Segmentasi Pasar
Adalah untuk menghemat usaha-usaha pemasaran dengan menitik
beratkan kepada pembeli yang berminat tinggi untuk membeli.
Strategi segmentasi
pasar dapat dilakukan sebagai berikut.
·
Strategi
Konsetrasi
Perusahaan mengarahkan upaya
pemasarannya ke segmen pasar tunggal melalui suatu bauran pemasaran.
·
Strategi
Multisegmen
Perusahaan mengarahkan upaya
pemasarannya pada dua atau lebih segmen dengan menerapakan bauran pemasaran
yang berbeda.
·
Strategi
Gabungan
Perusahaan mengarahkan upaya
pemasarannya pada dua atau lebih segmen dengan menerapakan bauran pemasaran yang
sama.
Segmentasi
Pasar yang Efektif
Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal, maka
segmentasi pasar harus memenuhi syarat sebagai berikut.
I.
Dapat
Diukur (Measurable)
Daya beli setiap segmen tidak
terlalu luas.
II.
Dapat
Dicapai (Accessible)
Seberapa jauh segmen dapat
dijangkau dan dilayani dengan efektif.
III.
Dapat
Bedakan (Differentiable)
Dapat dipisahkan kedalam segmen
atau kelompok yang memiliki sifat yang berbeda.
IV.
Besarnya/Jumlahnya
Haruslah Cukup Berarti (Substantial)
Segmentasi menjadi cukup luas sehingga
penguasaan terhadapnya akan cukup menguntungkan.
V.
Dapat
Dilaksanakan/Harus Bersifat Operasional (Actionable)
Program-program yang efektif dapat
disusun untuk dapat menarik suatu segmen pasar.
Segmentasi
Pasar Dilihat Dari Segi Geografis, Demografis, Dan Psikografis.
Berdasarkan karakteristik konsumen,segmentasi pasar
dibedakan ke dalam segi geografis, demografis, dan psikografis.
1. Segmentasi Geografis
Dilakukan dengan cara mengelompokan
konsumen yang tersebar di berbagai wilayah kedalam kelompok konsumen tertentu
atas dasar unit geografis seperti provinsi, kabupaten, kecamatan, kota, arah
mata angin, atau bahkan kawasan tertentu. Sebagai contoh, terbentuknya kawasan
‘Segi Tiga Emas’ di Jakarta sebagai pusat kegiatan membangun superblok seperti
usaha perkantoran, apartemen, hotel, restaurant, dan fasilitas pendukung
lainnya.
2. Segmentasi Demografis
menurut kamus Besar Bahasa
Indonesia merupakan ilmu tentang
susunan, jumlah, dan perkembangan pendudukan. Segmen ini dilakukan
dengan cara mengelompokan konsumen atas dasar variabel demografis seperti umur,
jenis kelamin, jumlah anggota, pendapatan, kedudukan, pendidikan, agama, ras,
dan kebangsaan.
3. Segementasi psikografis
segmen ini membedakan kelompok
konsumen berdasarkan tingkat sosial, gaya hidup, atau ciri kepribadian yang
masing masing dapat memliki kerangka psikografis.
Sekian sedikit informasi mengenai “Segmentasi
Pasar Dalam Marketing”, dari saya Terima Kasih dan jangan lupa guys untuk comment dan share ya
semoga bermanfaat😊
Sumber: Modul
Melakukan Pemasaran Barang dan Jasa ,Penerbit ERLANGGA
Komentar
Posting Komentar