Sistem Informasi Dan Teknologi Penjualan Dalam Marketing


Sistem Informasi Dan Teknologi Penjualan Dalam Marketing

Halo hai semua ,pada blog kali ini saya akan membahas tentang “Sistem Informasi Dan Teknologi Penjualan Dalam Marketing”. Setiap perushaan menggunakan bebagai jenis informasi yang berbeda antara satu bagian dengan bagian lain. Sistem informasi digunakan oleh perusahaan dalam proses penjualan produk. Sistem informasi penjualan dapat diartikan sebagai kesatuan pengolahan data penjualan yang terintegitas dan saling melengkapi. Hal ini menghasilkan output, baik dalam bentuk gambar, suara, maupun tulisan, dan menjadi salah satu alat bantu untuk mendukung pengambilan keputusan mengenai penjualan, memperkenalkan produk,baik barang atau pun jasa.

Suatu perusahaan pun memerlukan fungsi pemasaran karena tidak ada produk yang mampu menjual dirinya sendiri. Ada dua konsep dalam pemsaran suatu produk ada yang pertama konsep penjualan (Sales Concept), yang kedua konsep pemasaran (Marketing Concept).

·        Konsep Penjualan (Sales Concept)

Suatu konsepsi yang dimiliki produsen yang berdasarkan pada orientasi produk dan orientasi kegiatan penjualan.

·        Konsep Pemasaran (Marketing Concept)

Sistem keseluruhan dari kegiatan usaha yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan, serta mendistribusikan barang dan jasa yang dapat memuaskan kebutuhan pembeli.

Asumsi yang digunakan dalam konsep pemasaran, yaitu :

Ø Konsumen dapat dibedakan dan dapat dikelompokan ke dalam pasar atau segmen yang berbeda.

Ø Konsumen hanya akan memilih penawaran yang dapat memuaskan kebutuhan dan keinginannya.

Ø Tugas perusahaan adalah meneliti dan menentukan pasar yang menjadi sasaran.

Sistem Penjualan Sederhana dan Sistem Penjualan Modern

a.   Sistem Penjualan Sederhana

Penjualan dan transaksi biasanya dilakukan secara langsung antara pembeli atau penjual.

b.   Sistem Penjualan Modern

Penjualan bisa dilakukan lewat berbagai media seperti surat, telepon atau pun internet.



Penerapan Sistem Informasi dan Teknologi Penjualan

Penerapan sistem informasi dan teknologi penjualan dapat dilakukan dengan sistem penjualan lansung dan sistem penjualan tidak langsung.

1.    Penjualan Langsung

Penjualan langsung adalah merupakan penjualan dimana penjual berhadapan atau bertemu muka langsung dengan calon pembeli atau langganannya.

2.   Penjualan Tidak Langsung

Penjualan tidak langsung adalah penjualan yang sering digunakan saat ini, dengan memanfaatkan teknologi yang canggih seperti media sosial. Pembeli dengan mudah melakukan transaksi dan cepat tanpa harus berhadapan langsung.

Demikian pembahasan tentang “Sistem Informasi dan Teknologi Penjualan” dari saya, semoga bermanfaat dan dapat dimengerti para pembaca. Jangan lupa untuk comment dan share ya, Terima Kasih J

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengidentifikasi Segmen Pasar Dalam Marketing

Apa aja yang harus kita pikirkan dalam membuat bisnis?