Sistem Informasi Dan Teknologi Penjualan Dalam Marketing
Sistem Informasi Dan Teknologi Penjualan Dalam Marketing
Halo hai semua ,pada blog kali ini saya akan
membahas tentang “Sistem Informasi Dan
Teknologi Penjualan Dalam Marketing”. Setiap perushaan menggunakan bebagai
jenis informasi yang berbeda antara satu bagian dengan bagian lain. Sistem
informasi digunakan oleh perusahaan dalam proses penjualan produk. Sistem
informasi penjualan dapat diartikan sebagai kesatuan pengolahan data penjualan
yang terintegitas dan saling melengkapi. Hal ini menghasilkan output, baik
dalam bentuk gambar, suara, maupun tulisan, dan menjadi salah satu alat bantu
untuk mendukung pengambilan keputusan mengenai penjualan, memperkenalkan
produk,baik barang atau pun jasa.
Suatu
perusahaan pun memerlukan fungsi pemasaran karena
tidak ada produk yang mampu menjual dirinya sendiri. Ada dua konsep dalam
pemsaran suatu produk ada yang pertama konsep penjualan (Sales Concept), yang
kedua konsep pemasaran (Marketing Concept).
·
Konsep
Penjualan (Sales Concept)
Suatu konsepsi yang dimiliki
produsen yang berdasarkan pada orientasi produk dan orientasi kegiatan
penjualan.
·
Konsep
Pemasaran (Marketing Concept)
Sistem keseluruhan dari kegiatan
usaha yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan, serta
mendistribusikan barang dan jasa yang dapat memuaskan kebutuhan pembeli.
Asumsi
yang digunakan dalam konsep pemasaran, yaitu :
Ø Konsumen
dapat dibedakan dan dapat dikelompokan ke dalam pasar atau segmen yang berbeda.
Ø Konsumen
hanya akan memilih penawaran yang dapat memuaskan kebutuhan dan keinginannya.
Ø Tugas
perusahaan adalah meneliti dan menentukan pasar yang menjadi sasaran.
Sistem
Penjualan Sederhana dan Sistem Penjualan Modern
a. Sistem Penjualan Sederhana
Penjualan dan transaksi biasanya
dilakukan secara langsung antara pembeli atau penjual.
b. Sistem Penjualan Modern
Penjualan
bisa dilakukan lewat berbagai media seperti surat, telepon atau pun internet.
Penerapan
Sistem Informasi dan Teknologi Penjualan
Penerapan
sistem informasi dan teknologi penjualan dapat dilakukan dengan sistem
penjualan lansung dan sistem penjualan tidak langsung.
1. Penjualan Langsung
Penjualan langsung adalah merupakan
penjualan dimana penjual berhadapan atau bertemu muka langsung dengan calon
pembeli atau langganannya.
2. Penjualan Tidak Langsung
Penjualan tidak langsung adalah
penjualan yang sering digunakan saat ini, dengan memanfaatkan teknologi yang
canggih seperti media sosial. Pembeli dengan mudah melakukan transaksi dan
cepat tanpa harus berhadapan langsung.
Demikian pembahasan tentang “Sistem Informasi dan Teknologi
Penjualan” dari saya, semoga bermanfaat dan dapat dimengerti para
pembaca. Jangan lupa untuk comment dan share ya, Terima Kasih J
Komentar
Posting Komentar